Sabtu, 20 September 2014

KEGIATAN PERSAMI TAHUN 2014

Perkemahan Sabtu Malam Minggu (PERSAMI) bagi seorang anggota Gerakan Pramuka bukanlah hal yang asing. Karena itu merupakan kegiatan rutin yang mempertemukan anggota Gerakan Pramuka baik tingkatan SIAGA, PENGGALANG MAUPUN PENEGAK. Namanya saja PERSAMI, sehingga pelaksanaannya selalu diadakan pada hari Sabtu, malam Minggu dan Minggu itu sendiri.

PERSAMI sudah menjadi Program Wajib yang selalu dilaksanakan di Gudep 11.01.04.105-106 MI Ya BAKII Kalisabuk 02. Kegiatan persami dilaksanakan sedikitnya 2-3 kali dalam setahun, yaitu :
1. Penerimaan Tamu penggalang
2. Pelantikan Kenaikan Tingkat Penggalang Ramu
3. Pelantikan Kenaikan Tingkat Penggalang Rakit, dan
4. Pelantikan Kenaikan Tingkat Penggalang Terap.

Pada awal tahun pelajaran 2014/2015 ini, kegiatan PERSAMI selain untuk penerimaan tamu Penggalang juga dilaksanakan pelantikan kenaikan tingkat penggalang Ramu.

Kegiatan PERSAMI diawali dengan kegiatan upacara pembukaan sebagai upaya untuk menerapkan nilai-nilai kedisiplinan. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Ka Mabigus Kak Khuelis Nuri, S.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa generasi muda adalah generasi harapan bangsa kedepan yang akan menggantikan para generasi tua. Untuk itu, setiap anggota Gerakan Pramuka hendaknya senantiasa mengamalkan dan menjalankan apa yang sudah menjadi pegangan dan landasan seorang anggota Gerakan Pramuka yaitu TRI SATYA dan DASA DHARMA.

Selain itu juga diharapkan nilai-nilai dasar kepramukaan hendaknya bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan madrasah maupun lingkungan sosial masyarakat.

Selain kegiatan upacara tidak kalah pentingnya, dalam mengamalkan salah sati isi DASA DHARMA yang pertama yaitu TAKWA TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA, Anggota Gerakan Pramuka setiap saat, kapanpun dan dimanapun senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT, yaitu Shalat lima waktu, dan malam hari peserta juga dibimbing untuk melaksanakan shalat qiyamul lail.
Upacara penyalaan Api Unggun merupakan acara favorit yang sangat dinantikan oleh peserta pelantikan maupun pengunjung yang ingin melihat pertunjukan. Pagi harinya menikmati sejuknya udara pagi peserta diwajibkan mengikuti kegiatan olahraga untuk menguatkan fisik mereka.

Pagi menjelang siang peserta PERSAMI akan diajak untuk berkeliling kampung sebagai pengenalan terhadap lingkungan sekitar agar ke depannya menjadi seorang yang memahami dan mengenali lingkungan yang ada disekitarnya sampai menjelang dhuhur. 

Kegiatan PERSAMI dipandegani oleh para Pembina Pramuka Penggalang MI Ya BAKII Kalisabuk 02 seperti Kak Faizun Yusup, S.Pd.I  Kak Anwar Sadat, S.Pd.I, Kak Muhammad Toha, S.Pd.I, Kak Moch. Chusnil Fachad, Kak. Siti Kholilah, S.Pd.I, Kak Naili Nihayah, S.Pd.I, Kak Bariyatul Hikmah, S.Pd.I, Kak Inarotul Izzati, S.Pd.I, Kak Zulfah Ngainiyah, S.Pd.I, dan Kak Sugeng Ma'rifat.

SATYAKU KU DHARMAKAN DHARMAKU KU BHAKTIKAN
IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA, BERBUDI BAWA LAKSANA
MAJULAH TERUS GUDEPKU
MI Ya BAKII KALISABUK 02