Jumat, 05 Desember 2014

APLIKASI RAPORT MI KURITLAS KELAS I DAN IV

Bukti dari sebuah proses pembelajaran adalah daftar nilai. Kumpulan dari daftar nilai dalam satu semester terrangkum dalam buku raport. Seiring dengan perkembangan Kurikulum dari kurikulum 2006 atau yang sering dikenal dengan kurikulum KTPS ke kurikulum baru yang bernama Kurikulum 2013 (Kurtilas). Bersamaan dengan itu, format raport pun berbeda dari kurikulum sebelumnya. Jika KTSP nilai hanya memuat 1 atau 2 aspek yaitu pengetahuan dan keterampilan yang dinyatakan dengan angka-angka, maka untuk kurikulum 2013 ini ada 4 aspek penilaian, yaitu : Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan dan Keterampilan yang dinyatakan dengan deskripsi hasil konfersi dari angka-angka yang didapat dari pengamatan, observasi, penilaian diri, penilaian teman dll.
Tidak jarang para guru khususnya kelas I dan kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dipusingkan dengan format penilaian yang ada. Namun dengan adanya aplikasi raport kurtilas untuk MI ini akan sangat membantu para guru dalam mendokumentasikan serta mendeskripsikan nilai-nilai peserta didik. 

Aplikasi yang dibuat oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah ini dapat menjadi solusi, disamping masih banyak aplikasi raport kurtilas dari instansi pendidikan lainnya. 

Untuk itu kami postingkan aplikasi Raport Kurtilas MI kelas I dan IV untuk bisa digunakan dan semoga bermanfaat.